Kamis, 09 Oktober 2014

Softskill - Psikologi Manajemen tugas 1

Psikologi Manajemen

I. Unsur Psikologis dari Manajemen
  1. Unsur Kognitif : Daya tangkap kognitif untuk memahami tugas (baik melalui informasi kalimat, simbol ataupun angka), daya berfikir yang konseptual (membangun konsep berfikir yang menyeluruh dan sistematis), dan juga daya analisa berfikir (menciptakan hasil pemikiran yang tepat untuk selesaikan masalah).
  2. Unsur Sikap Kerja : Unsur sikap kerja bisa dilihat di dalam beberapa aspek sikap kerja. Yaitu ketahanan terhadap tekanan (daya tahan stress), cara kerja yang cepat untuk selesaikan pekerjaan, kemauan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan, ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
  3. Unsur Kepribadian : Unsur kepribadian bisa berupa daya penyesuaian diri (adaptasi), kemampuan menjalin interaksi dan hubungan yang baik, kemauan untuk bekerja sama dan juga bisa berupa kemampuan untuk memimpin.
II. Perilaku yang Muncul Dalam Manajemen

  1. Planning
·      Memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya, bagaimana melakukannya dan siapa yang melakukannya
·         Merancang struktur formal
·         Merancang penyusunan anggaran belanja
·         Melakukan prakiraan kegiatan organisasi dan penganggaran
· Mengelompokkan dan mengatur serta membegi tugas-tugas atau pekerjaan diantara organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien

  1. Organizing
·         Melakukan penyusunan staff
·         Memberikan pengarahan
·         Melakukan pengkoordinasian
·         Memberikan bimbingan
·         Melakukan penggerakan dan pengawasan
·         Menyusun struktur organisasi
·         Menyusun sumber daya (tenaga, keuangan, sarana dan prasarana)

  1. Actuating
·         Melakukan pengarahan
·         Memberikan bimbingan
·         Berkomunikasi termasuk kordinasi
·   Menggerakan semua anggota kelompok untuk bekerja agar mencapai tujuan organisasi
·         Mengembangkan kemampuan dan keterampilan staff

  1. Controlling
·         Mengendalikan pelaksanaan program dan aktivitas organisasi
·         Mengawasi dan mengadakan koreksi
·         Memastikan perencanaan agar sesuai dengan rencana
·         Mendeteksi penyimpangan

III. Sistem Manajemen Companion Store

  1. Logistik
Barang dikirim dua hari sekali atau sehari sekali, dimana barang kiriman itu dikirim dari hasil terbentuknya data harian yang dikirim dari toko ke gudang toko. Jadi barang yang dibeli dari konsumen akan dikirim keesokan harinya, jika data hariannya tidak sampai secara otomatis barang yang ditoko kosong/not full. Jika terdapat barang yang expired biasanya barang tersebut di retur (daur ulang/diganti dengan barang yang baru), dan semua karyawan berkewajiban untuk memeriksa semua barang yang expired bukan hanya tanggung jawab satu orang karyawan saja.

  1. Display
Barang-barang pajangan atau barang-barang yang diletakkan dimeja kasir. Barang yang ada dimeja kasir atau rak-rak yang ada di depan itu sewa ke pihak toko. Supliyer tersebut sewa pertahunnya ke toko da nada perjanjiannya sendiri dengan pihak toko. Barang-barang yang diletakkan di meja kasir itu adalah barang yang sedang promo seperti saat weekend atau akhir bulan. Tujuan mereka mambayar dan memasang barang di depan agar konsumen melihat produk tersebut, supaya customer mengetahui barang apa saja yang sedang promo, supaya customer lebih mudah menjangkau barang tersebut dan tidak harus mencari-cari tempat barang tersebut.

  1. SDM (Sumber Daya Manusia)
Sumber daya manusia diseleksi di kantor pusat, saat sudah lolos calon karyawan tersebut akan ditempatkan dicabang-cabang yang sudah ditentukan, saat sudah berada di cabang toko masing-masing karyawan akan mengikuti peraturan dan kebijakan yang ada di toko tersebut karena setiap cabang toko memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing. Dalam satu cabang toko terdiri dari 11 karyawan, dan 11 karyawan tersebut dibagi kedalam 3 shift yang tiap shiftnya terdiri dari 3 sampai 4 karyawan. Sistem shift ada 3 yakni, shift 1 mulai pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore, shift 2 mulai pukul 3 sore sampai pukul 10 malam, shift 3 mulai pukul 10 malam sampai pukul 7 pagi. Namun khusus untuk karyawati (karyawan perempuan) hanya diberi 2 shift saja dan pembagian shift tersebut di atur oleh kepala toko.

  1. Keuangan
Karyawati bagian kasir menyetorkan uang dan data-data hasil dari pekerjaannya ke kepala toko atau staff yang biasa disebut klerek. Penyetoran uang dan data-data barang yang terjual diserahkan pada akhir shift sebelum pergantian ke karyawan di shift berikutnya.

  1. Keamanan
Di toko ini tidak ada satpam, security atau penjaga keamanan, namun didalam tersedia cctv yang diletakkan diberbagai sudut ruangan. Jadi para karyawanlah yang bertanggung jawab menjaga keamanan di dalam toko.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar