Kamis, 08 Oktober 2015

Sistem Informasi Psikologi (Softskill) tugas 1

Sistem Informasi Psikologi tugas 1
Sistem Informasi dan Penerapannya di Bidang Pendidikan
            Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lain yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Sistem informasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi, media, fasilitas, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan pihak lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
            Peran sistem informasi dalam pendidikan pada dasarnya adalah proses komunikasi yang mengandung transformasi pengetahuan nilai-nilai dan keterampilan-keterampilan di dalam maupun di luar lingkungan. Pada dunia pendidikan di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan dan digunakan disekolah-sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran interaktif, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Selain itu banyak pula peralatan laboratorium yang sudah dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti serta dapat mengatasi kendala keterbatasan indra manusia.
            Dengan adanya teknologi informasi sekarang ini memungkinkan untuk diadakan proses belajar mengajar jarak jauh antara pendidik dengan anak didik, melihat nilai siswa secara online, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas, mengecek keuangan, dan penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi bila didukung dengan metode pembayaran online.
            Penerapan sistem informasi di dunia pendidikan membawa dampak positif, diantaranya :
  1. Teknologi komputerisasi dapat dikenalkan sejak dini atau di tingkat pendidikan dasar.
  2. Pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi dapat terbantu, terutama dalam bidang pendidikan komputer atau teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Orang-orang yang ada di daerah bisa merasakan kemajuan teknologi komputerisasi, terutama di bidang pendidikan
  4. Adanya sistem pemberlakuan absensi secara elektronik.
  5. Terdapatnya perpustakaan elektronik (e-library) yang membantu para pelajar ketika mencari bahan pembelajaran.
  6. Adanya sistem pembelajaran elektronik (e-learning) bagi pelajar tingkah lanjut.

Daftar Pustaka
Rangga. (2010). Peran sistem informasi dalam dunia pendidikan. Diakses pada tanggal 1 oktober 2015, dari https://ranggablack89.wordpress.com/2010/10/14/peran-sistem-informasi-dalam-dunia-pendidikan/
Susandi, E. (2013). Makalah kelompok 6 matkul sip sistem informasi pendidikan. Diakses pada tanggal 1 oktober 2015, dari http://blog.umy.ac.id/edisusandi/2013/03/27/makalah-kelompok-6-matkul-sip-sistem-informasi-pendidikan/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar