Rabu, 04 November 2015

Tugas 2 Sistem Informasi Psikologi - Softskill

Tugas 2 Sistem Informasi Psikologi - Softskill
Sistem Informasi Psikologi dan Penerapannya

Sistem Informasi
        Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Murdick & Ross (dalam Al Fattah, 2007) mendefinisikan sistem sebagaiseperangkat elemen yang digabungkan satu denganlainnya untuk suatu tujuan bersama.
         Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan yang akan datang. Semakin banyak informasi dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.
      Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Sedangkan menurut Mc Ioed sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk mengumpulkan informasi.

Sistem Informasi Psikologi
            Sartain (dalam Basuki, 2008) mengungkapkan bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa, ditinjau dari segi ilmu Bahasa kata psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan.
            Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan. Definisi lain dari sistem informasi psikologis yaitu adalah kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi, didapat dari data-data yang dikumpulkan dan diolah sebagai informasi mengenai tingkah laku serta proses mental yang timbul dari dalam diri manusia.

Penerapan Sistem Informasi di Bidang Psikologi
1.      Di perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga.
2.   Penggunaan tes psikologi secara virtual, penggunaan teknologi eye-tracking dan yang terbaru adalah teknologi virtual reality yang memungkinkan seseorang untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gangguan psikologis seperti ADHD, PTSD, dan beragam phobia.
3. Penggunaan sistem informasi dalam bidang psikologi juga sangat terlihat dalam e-counselling. Hal ini lebih memudahkan proses konseling antara konselor dengan kliennya, sehingga jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang dalam proses konseling.
4.    Penerapan teknologi dalam psikologi lainnya adalah program SPSS. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut, psikologi juga menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Aplikasi SPSS sangat membantu ketika seseorang melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif.
5.      Kemudian tes Rorschach merupakan salah satu bagian dari sistem informasi psikologi yang dilakukan oleh orang umum secara online   www.theinkblot.com

Daftar Pustaka
Al Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan perancangan sistem informsi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Basuki, H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar