Selasa, 08 Desember 2015

Tugas Softskill 3 – Sistem Informasi Psikologi

Tugas Softskill 3 – Sistem Informasi Psikologi
Keinginan dalam bidang Pekerjaan

            Awal saya tertarik dengan psikologi pada saat SMA itupun belum mengetahui psikologi secara mendalam, saya hanya merasa senang bila ada teman yang bercerita kepada saya tentang masalahnya baik hal umum maupun hal yang bersifat rahasia atau pribadi. Pada saat berkonsultasi dengan guru BK, beliau menyarankan saya untuk mengambil jurusan psikologi dan setelah saya mencari tau sedikit tentang psikologi akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke jurusan psikologi karena banyak hal yang menarik perhatian saya. Pada awalnya saya mengira psikologi hanya berhubungan dengan klinis dan konsultasi tetapi setelah mulai perkuliahan ternyata banyak pelajaran yang saya dapatkan mulai dari psikologi perkembangan, klinis, pendidikan, industri dan organisasi, sosial dan masih banyak yang lainnya.  
            Karena banyaknya bidang di dalam psikologi tersebut membuat saya juga merasa bingung mau mencari pekerjaan dibidang apa nantinya karena saya menyukai semuanya. Pada saat mata kuliah psikologi konseling saya ingin menjadi seorang psikolog karena dapat membantu seseorang menyelesaikan masalahnya dan hal itu menimbulkan kepuasan hati tersendiri bagi saya, pada saat mata kuliah psikologi klinis dan psikologi abnormal tiba-tiba saya ingin menjadi seorang psikiater yang membantu orang yang mengalami gangguan kejiwaan, dan pada saat mata kuliah psikologi industri dan organisasi saya merasa ingin menjadi seorang HRD disuatu perusahaan karena saya dapat secara langsung menyeleksi seseorang yang akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan.
            Namun setelah saya mendalaminya saya merasa lebih tertarik dengan psikologi industri dan organisasi, saya ingin menjadi seorang staff HRD yang dapat membantu perusahaan mencari atau mendapatkan pekerja-pekerja yang baik dan terampil. Saya juga dapat memberi info kepada orang yang membutuhkan pekerjaan bila diperusahaan tempat saya bekerja membuka lowongan pekerjaan, sehingga saya bekerja tidak hanya untuk kepuasan saya sendiri tapi juga dapat membantu orang lain walaupun bukan bantuan yang besar.
            Tokoh psikologi industri dan organisasi yang saya tau dan saya sukai yaitu Ashar Sunyoto Munandar seorang Guru Besar di Universitas Indonesia. Beliau pernah memberikan pidato dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka Pembangunan Nasional” dan kemudian pidato tersebut dijadikan buku dan diterbitkan oleh LPPM. Ashar Sunyoto Munandar juga banyak membuat karya ilmiah, diantaranya Psychology Moving East, psikologi industry, Management in Indonesia dan masih banyak yang lainnya. 

Referensi :

Munandar, A. S. (2008). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

1 komentar:

  1. blog nya bagus dan bnyak ilmu, sebagusnya sering2 update mba :)

    BalasHapus